Sabtu, 16 November 2013

HARGA POKOK PRODUKSI


I.                   Pengertian Harga PokokPokok Produksi
Harga pokok Produksi adalah penjumlahan seluruh pengorbanan sumber ekonomi yang digunakan untuk mengubah bahan baku menjadi produk. Perhitungan Harga pokok Produk dapat digunakan untuk menentukan harga jual yang akan diberikan kepada pelanggan sesuai dengan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi.

Apakah yang harus dilakukan pertama kali dalam penentuan harga pokok produksi? Okey yang pertama kali dilakukan adalah menjumlahkan biaya-biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik sehingga diperoleh biaya yang dibebankan pada periode bersangkutan.

II.                Komponen Biaya Harga Pokok produksi
Biaya produksi terdiri dari dua keluarga besar yakni biaya komersial dan biaya manufaktur, biaya manufaktur adalah biaya pabrik yakni jumalh dari elemen-elemen biaya diantaranya Biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Dari penjelasan disamping biaya bahan baku disebut juga biaya utama sedangkan biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik disebut juga biaya konversi. Sedangkan biaya komersial adalah biaya yang timbul atau yang terjadi dikarenakan kegitan diluar dari proses produksi seperti biaya pemasaran dan biaya administrasi umum.
Penjelasan mengenai biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

a.         Biaya bahan baku
Terjadi karena adanaya pemakain bahan baku. Biaya bahan baku merupakan harga pokok bahan baku yang dipakai dalam produksi untuk membuat barang atau produk, baiasanya 100% bahan baku merupakan masuk dalam produk yang telah jadi.

b.         Biaya tenaga kerja langsung
Biaya ini timbul ketika pemakaian biaya berupa tenaga kerja yang dilakukan untuk mengolah bahan menjadi barang jadi, biaya tenaga kerja langsung merupakan gaji dan upah yang diberikan kepada tenaga kerja yang langsung terlibat dalam pengolahan bahan menjadi produk.

c.         Biaya overhead pabrik
Dan biaya overhead pabrik timbul akibat pemakain fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk mengolah bahan seperti mesin, alat-alat, tempat kerja dan sebagainya. Dan yang lebih jelas lagi adalah biaya overhead pabrik terdiri dari baiaya diluar dari biaya bahan baku.

III.             Dua perhitungan Harga pokok produksi
Perhitungan harga pokok produksi ada dua macam yakni harga pokok pesanan dan harga pokok proses, dibawah ini dijelaskan keduanya :

1.      Harga pokok pesanan
Harga pokok pesan adalah perhitungan harga pokok produksi berdasarkan pesanan. Karakteristik dari harga pokiok pesanan diantaranya (proses pengolahan produk berlangsung secra terus menerus, prduk yang dihasilkan berdasarkan spesifikasi dari pembeli ataupun pelanggan, produksi bertujuan untuk memenuhi pesanan.
Ciri khusus dari harga pokok pesanan itu sendiri diantaranya (tujuan produksi untuk melayani pesanan pembeli, baiaya produksi dikumpulkan untuk setiap pesanan, biaya produksinya dibagi 2 “biaya langsung dan baiaya tidak langsung”, harga pokok pesanan dihitung setelah selesai pesanan diproduksi.
Manfaat dari harga pokok pesasn itu sendiri diantaranya
a.       Menetukan harga kepada pemesan\
b.      Pertimbangan diterima atau tidaknya pesanan
c.       Mamantau realisasi produk
d.      Perhitungan laba atau rugi
e.       Penentuap HPP jadi ataupun dalam proses.

2.      Harga pokok proses
Harga pokok proses adalah perhitungan harga pokok produk dimana biaya djumalah dalam periode tertentu dan  dibagi dengan jumlah unit produksi periode yang bersangkutan, ciri-ciri perusahaan yang menggunakan harga pokok pesanan diataranya
a.       Proses produksi secara terus-menerus
b.      Produknya bersifat standar
c.       Produk ditujukan untuk memenuhi persedian siap jual
d.      Tidak tergantung pada pesanan.
Manfaat penggunan harga pokok proses sendiri adalah penetuan harag jual produk yang tepat, memantau realisasi biaaya, laba rugi yang terhitung.Disamping itu ada harga pokok proses lanjutan yang dimana hubungan antara satu periode dengan periode lain sangat diperhatikan dimana unit yang belum selesai diperiode sebelumnya akan selalu di teruskan pada periode selanjutnya dan harga yang dikenakan biasanya berbeda dengan harga seblumnya.

5 komentar:

  1. Materinya bagus dan bermanfaat, makasih gan :D

    BalasHapus
  2. terima kasih untuk share nya, :)

    BalasHapus
  3. terimakasih atas pemaparan materinya.cukup runtut penjelasan yang disampaikan ^^^

    BalasHapus
  4. Makasi atas materi nya ,yang cukup bagus.

    BalasHapus
  5. terimakasih materinya. sangat membantu

    BalasHapus

tag