Dewasa ini para siswa maupun siswi ataupun mahasiswa dan
mahasiswi yang berada di tempat mereka menuntut ilmu sangat terpaku dengan
pelajaran akademik yang mereka dapatkan dikelas masing-masing yang jadi
pertanyaan adalah apakah mereka akan mendapatkan yang terbaik jika hanya
mendapatkan pelajaran akademik dikelas bukankah banyak sumber-sumber pelajaran
yang lain contohnya belajar mengenai organisasi yaitu dalam memenage suatu
pengeluaran ataupun pemasukan ataupun memanage suatu perusahaan.
Sumber-sumber untuk belajar organisasi dalam sekolah
diantarnaya ;
1.
OSIS
Yang merupakan suatu ibu dari organisasi-organisasi
didalam suatu sekolah, disini yang ditekankan adalah bukan OSIS nya namun yang
ditekankan adalah isi dari osis itu apakah yang dapat kita dapatkan dari
organisasinya, untuk posisi ketua otomatis yang dapat diambil manfaatnya adalah
bagaimana mengatur orang – orang yang ada didalamnya contoh kecilnya adalah
menentukan suatu ketua dalam event yang akan diadakan oleh osis diwaktu yang
dekat kemudian menyelesaikan masalah yang ada di dalam organisasi tanpa harus
ada yang dirugikan, kemudian posisi lain contonya adalah sekertaris seorang
sekertaris pada sebuah perusahaan akan terbiasa dengan tugas-tugas berbau
dengan tulis-tulisan atupun tugas – tugas yang berhubungan dengan pengumpulan
data-data yang ada.
2.
ROHIS
Sama dengan OSIS di ROHIS pun memiliki fungsi yang sama
namun disini lebih menekankan pada event-event yang akan dilaksanakan sepanjang
periode dan tentunya berbau keislaman seperti itu, biasanya seseorang yang
aktif dalam sebuah organisasi seperti ROHIS ataupun OSIS akan leboh dikenal
dibandingkan dengan aktivitas-aktivitas lainnya yang ada di sebuah sekolah.
Perbedaaan seseorang yang aktif dalam organisasi dengan
orang yang tidak terbiasa dalam menjalankan organisasi :
Yang terbiasa berorganisasi :
a.
Dia
akan lebih dikenal oleh para guru-guru sehingga ketika ada informasi yang
penting berupa lowongan maka dia yang akan ditawarkan pertama.
b.
Lebih
memiliki kepercayaan diri yang lebih baik
c.
Keahlian
dalam mengatur pekerjaan yang lebih baik
d.
Memiliki
management waktu yang lebih baik
Yang tidak terbiasa berorganisasi :
a.
Sulit
untuk dikenal dengan guru-guru karena tidak terlihat dengan fluktuasi yang
sering
b.
Kepercayaan
diri masih belum terbentuk dengan baik karena belum terbiasa
c.
Keahlian
mengatur pekerjaan yang masih meraba-raba karena confidencenya belum terbenut
d.
Belum
mengetahui cara dan waktu yang tepat dalam mengatur waktunya/.
Walaupun kita mengikuti cara organisasi dengan masuk kedalam
aktivitas yang ada disekolah kita pun harus mengetahui definisi sesungguhnya
dari organisai itu :
Organisasi
adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk mewujudkan suatu tujuan
bersama. Beberapa pengertian mengenai organisasi menurut para ahli diantaranya
adalah sebagai berikut :
1. Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui
mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama .
2. james D .mooney mengemukakan bahwa organisasi
adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .
Dalam
arti manajemen organisasi memiliki beberapa pengertian yakni dalam arti badan
dan dalam arti bagan,dalam arti badan organisasi memiliki arti sebagai kelompok
orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan namun dalam arti bagan
organisasi memiliki arti sebagai gambaran sekematis tentang hubungan kerjasama
dari orang yang melakukan hubungan demi mencapai tujuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar